Istilah-istilah dalam Teknologi Informasi
Pemrograman adalah proses menulis, menguji dan memperbaiki (debug), dan memelihara kode yang membangun suatu program komputer. Kode ini ditulis dalam berbagai bahasa pemrograman. Untuk melakukan pemrograman, diperlukan keterampilan dalam algoritma, logika, bahasa pemrograman, dan pada banyak kasus, pengetahuan-pengetahuan lain seperti matematika.
- OOP (Object-Oriented Programming)
Pemrograman berorientasi merupakan
paradigma pemrograman yang berorientasikan kepada objek. Semua data dan fungsi dibungkus
dalam kelas-kelas atau objek-objek. Bahasa pemrograman yang
mendukung OOP contohnya : java, c++. Pascal, c#, visual basic.net , dll.
- Pemrograman Terstruktur
Pemrograman Terstruktur adalah suatu
aktifitas pemrograman dengan memperhatikan urutan langkah-langkah perintah
secara sistematis, logis , dan tersusun berdasarkan algoritma yang sederhana
dan mudah dipahami.
Bahasa pemrograman yang mendukung
pemrograman terstruktur contoh : Cobol Turbo Prolog, Delphi, Borland Delphi.
Sistem Informasi adalah suatu kegiatan dari prosedur-prosedur
yang diorganisasikan, dan apabila dieksekusi akan menghasilkan informasi untuk
mendukung pengambilan keputusan dan pengendalian.
SI dapat dikategorikan dalam empat bagian:
1.
Sistem Informasi
Manajemen
2.
Sistem pendukung
keputusan
3.
Sistem Informasi
Eksekutif
4.
Sistem Pemrosesan
Transaksi
Komponen
sistem informasi :
- Komponen Input = input merupakan data yang masuk ke dalam sistem informasi.
- Komponen model = kombinasi prosedur,logika,dan model matematika yang memproses data yang tersimpan di basis data dengan cara yang sudah di tentukan untuk menghasilkan keluaran yang diinginkan.
- Komponen output = output informasi yang berkualitas dan dokumentasi yang berguna untuk semua tingkatan manajemen serta semua pemakai sistem.
- Komponen teknologi = teknologi merupakan alat dalam sistem informasi, teknologi digunakan untuk menerima innput, menjalankan model, minyimpan dan mengakses data, menghasilkan dan mengirimkan output dan memantu pengendalian sistem.
- Komponen basis data = merupakan kumpulan data yang saling berhubungan yang tersimpan didlm komputer dengan menggunakan softwre database.
- Komponen kontrol = pengendalian yang dirancang untuk menanggulangi gagguan terhadap sistem informasi.
Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence atau hanya disingkat AI didefinisikan sebagai kecerdasan entitas ilmiah. Sistem seperti ini umumnya dianggap komputer. Kecerdasan diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin (komputer) agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia.
Implementasi kecerdasan buatan dapat
diterapkan pada bidang:
- Visualisasi computer = Contohnya mengenali sebuah pola pada suatu gambar.
- Pengenalan Suara = Contohnya perintah komputer dengan menggunakan suara user.
- Sistem Pakar = Contohnya program komputer yang dapat mendiagnosa penyakit dengan memasukan gejala-gejala yang dialami pasien.
- Permainan = Contohnya permainan yang memiliki fasilitas orang melawan komputer.
Berdasarkan
fungsinya dibagi menjadi 2 yaitu :
- · Jaringan Klien-server (Client-server) Jaringan klien-server pada ddasaranya ada satu komputer yang disiapkan menjadi server dari komputer lainnya yang sebagai klien.
- Jaringan Ujung ke ujung (Peer-to-peer) Model jaringan komputer yang terdiri dari dua atau beberapa komputer, dimana setiap station atau komputer yang terdapat di dalam lingkungan jaringan tersebut bisa saling berbagi.
Berdasarkan topologi jaringan, jaringan
komputer dapat dibedakan atas :
1.
Topologi bus
2.
Topologi bintang
3.
Topologi cincin (Topologi Ring)
4.
Topologi mesh
5.
Topologi pohon (Topologi Tree)
6.
Topologi linier
Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Jaringan_komputer
0 comments